4 Langkah Mudah, Untuk Suksesnya Budidaya Buah Durian (King Of Fruits)

Durian ialah tumbuhan tropis yang asalnya dari wilayah Asia Tenggara, sekalian nama buahnya yang dapat dimakan. Nama ini didapat dari ciri khas tekstur kulit buahnya yang keras serta berlekuk tajam jadi menyerupai duri. Panggilan populernya ialah “raja dari semua buah” (King of Fruit). Durian merupakan buah yang kontroversial, walaupun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagian yang lain malah tidak suka dengan aromanya tajamnya.

Cara budidaya buah durian secara praktis dan sederhana, dengan hasil memuaskan. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pemilihan Bibit
Inilah beberapa aspek penting bagi bibit durian yang perlu diperhatikan saat pembibitan :

-Bibit mempunyai daun yang rimbun dan mempunyai tunas daun pada bagian pucuk pangkal.
-Bibit wajib terbebas dari penyakit serta hama, cek pada bagian batangnya, kalau ada bekas kerat lebih baik jangan dipakai sebab bekasnya bakal makin besar.
-Bibit pilihan perlu mempunyai batang yang kokoh, meski mempunyai 1 batang ataupun bercabang 2 tetapi cek apakah ukuran tiap-tiap cabang besarnya sama.
-Cukup banyak adanya tunas yang terbagi pada bagian batang tanaman durian.

2. Cara Penanaman
Sesudah membeli bibit durian dari pedagang bibit yang ada lebih baik tanaman tak langsung ditanam begitu saja. Siapkanlah area/lahan guna menanam durian ialah langkah tepat serta paling baik supaya durian bisa berbuah secara maksimal.

Simak langkah-langkah berikut, guna apa yang harus Anda lakukan ketika hendak menanam tanaman durian :

-Pertama bersihkan area dengan cara mencabutinya dari hama seperti gulma serta pohon besar dari radius 3m.
-Bajak dan gemburkan tanah pada area lahan memakai cangkul lalu diamkan sekitar 2 hari.
-Beri tambahan pupuk kandang di area lahan guna mmberikan unsur hara di area lahan tersebut.
-Kalau Anda menanam pohon durian lebih dari satu, maka idealnya jarak guna satu pohon ialah sekitar 8 meter. Namun jika Anda menanam pohon pada kebun rumah Anda, lebih baik durian ditanam lumayan jauh dari rumah Anda yaitu sekitar 5m dari batasan paling luar atap rumah.
-Bibit bisa ditanam hingga ujung akarnya tak nampak, selanjutnya dikubur memakai tanah sebelum proses penimbunan sebaiknya lubang disirami air sedikit supaya jadi dingin.
-Proses menanam durian lebih baik dikerjakan saat musim hujan sebab air hujan bakal membantu Anda menyirami pohon durian ketika masa perkembangan dan pertumbuhan. Tetapi kalau pohon durian ditanam ketika musim kemarau, kerjakan langkah penyiraman di pagi serta sore hari yaitu kira-kira 3 hingga 4 ember guna tanaman awal.

# Yuk! Baca juga artikel menarik berikut ini Cara Budidaya Buah Kelengkeng Agar Lebat Berbuah

3. Tahap Pemeliharaan
Ketika masuk tahapan pemeliharaan/perawatan budidaya tanaman durian, bisa Anda kerjakan dengan menerapkan panduan cara sebagai berikut :

I. Penyiraman
Pohon durian yang sedang berkembang lebih baik disiram air sekitar sebulan tanpa memakai jeda oleh sebab itu proses penanaman di musim hujan amat dianjurkan tetapi saat pertengahan pada musim hujan amat tak dianjurakan sebab air yang menggenangi tanaman bisa merusak bagian akar yang tidak kokoh. Proses penyiraman dikerjakan saat pagi serta sore menggunakan jumlah air sekitar 3-4 ember tiap kali penyiraman.

II. Penyiangan
Proses ini dikerjakan pada sekeliling pohon durian yang utama di hama gulma yang menjangkit. Gulma yang menyerang pohon amatlah mengganggu proses perkembangan tanaman ini sebab bisa melilit bagian batang mudanya.

III. Pemupukan
Untuk pemupukan tanaman ini yang awal tumbuh tak dianjurakan dahulu memakaikan pupuk kimia, sebabnya hal tersebut amat merusak pada permukaan tanah, jadi bisa amat mengacaukan perkembangan tanaman serta tak tanggung dapat mengakibatkan kematian pohon durian.

4. Masa Berbuah & Panen
Pohon durian bisa menghasilkan buah 1x tiap tahunya yang ditandai dengan adanya bunga durian. Bunga bakal keluar di sekeliling batang, cabang serta ranting pada tanaman. Di beberapa kasus, dianjurkan guna mengurangi bunga durian paling utama di bagian ranting berukuran kecil sebab buah tak bakal berkembang secara maksimal. Tetapi hati ketika engerjakan proses pengurangan bunga [aling penting jangan hingga membuat bunga di wilayah lainya layu dan gugur.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Artikel Pertanian & Perkebunan dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s