Bagaimana Caranya Supaya Jambu Air Cepat Berbuah Lebat?

Tanaman pemilik nama latin sysygium samarangense L. ini dapat tumbuh optimal pada dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m diatas permukaan air laut. Pohon jambu air dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 3 -10 meter.

Pohon ini memiliki karakteristik dimana daunnya berbentuk lebar dengan ujung meruncing saling berhadap-hadapan dua tangkai bersama atau anak ranting. Kanopinya lebar seperti payung sehingga dapat digunakan sebagai peneduh. Jika di budidayakan di lahan, tanaman buah Jambu air dapat mulai berbuah pada umur 2-3 tahun.

Sedangkan jika dibudidayakan di dalam pot dapat berbuah pada umur 1 tahun. Bunganya berbentuk malai. Buahnya seperti bohlam lampu dengan daging buah lunak serta mengandung banyak air. Rasanya bervariasi mulai manis, masam, dan campuran.

#Baca juga Penggunaan Paranet atau Shading Net Untuk Peneduh Kolam Renang

Nah, sekarang saya akan memberi tahu rahasia bagaimana caranya supaya jambu air dapat cepat berbuah lebat?

Berikut Adalah Caranya :

1. Perhatikan Pemupukan Buah Jambu Air
Pemupukan jambu air dilakukan kurang lebih tiga bulan setelah masa tanam. Setelahnya, tiga bulan kemudian perlu diadakan pemupukan lagi. Pada saat pemupukan kedua ini pemupukan berupa pupuk kandang seperti kotoran kambing dibutuhkan sebanyak 15 kg, ditambah dengan TS sebanyak 100-150 gram. Takaran ini diberikan lagi 3-4 bulan berikutnya, dan diatahkan bagi satu pohon saja atau satu pot saja.

2. Penyiraman dan Penggemburan Media Tanam
Secara spesifik, merawat tanaman jambu air terutama yang menggunakan media pot harus memperhatikan beberapa faktor berikut :
– Pertama, untuk penyiraman di musim kemarau sangat diperlukan minimal sekali dalam sehari agar pohon jambu air tidak kekurangan air. Jika penyiraman menggunakan air PAM, yang biasanya mengandung kaporit, sebaiknya endapkan dulu semalam dan esoknya baru disiramkan.
– Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah yaitu usahakan benar-benar jangan sampai air siraman menggenang lebih dari 12 jam. Genangan air dapat merangsang timbulnya penyakit busuk akar. Penyiramannya juga tergantung musim, saat musim panas minimal sekali dalam sehari. Waktu penyiraman pagi bisa dilakukan sebelum pukul 09.00 dan sore sesudah pukul 16.00.
– Kemudian masalah penggemburan. Usahakan media tanam bibit tanaman tidak memadat. Pemadatan media biasanya terjadi karena penyiraman yang berlebihan. Setelah itu, lakukan penggemburan menggunakan sekop kecil. Hati-hati, jangan sampai Anda merusak akarnya.
– Berikutnya penggantian tanah. Mengganti media tanah tanaman setahun sekali sudah cukup. Namun,akan lebih baik lagi jika dilakukan dua kali dalam setahun. Terlebih jika akarnya sudah jebol, media pot harus segera diganti.

3. Mengurangi Daun Jambu Air
Perontokan daun dilakukan setelah tanaman jambu air berumur 6-8 bulan, atau 3-4 bulan setelah pemupukan awal.
Cara perontokan ialah dengan membuang daun pada setiap ranting pohon. Daun yang disisakan hanya 4 lembar saja tepatnya yang berada di pucuk -pucuknya. Perontokan ini dilakukan pada saat kondisi tanaman sedang sehat dan subur. Untuk itu perlu diperhatikan bahwa perontokan daun dilakukan setelah pemupukan. Kondisi lingkungan juga dapat menjadi pertimbangan saat akan merontokkan daun jambu air. Jika cuaca panas sekali perontokan sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Perontokan ini berfungsi untuk merangsang pohon jambu agar cepat berbuah.

4. Penyemprotan ZPT
ZPT adalah zat pengatur tumbuh. Penyemprotan dilakukan setelah tanamnya kuat dan sehat. Penyemprotan ZPT dilakukan setelah pemupukan lanjutan pertama. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada saat cuaca tidak panas.
Penyemprotan tersebut dapat dilakukan sekitar 2 minggu sekali kalau cuaca dan kesehatan pohon memungkinkan, dengan takaran 1 cc Atonik per 1-2 liter air. Setelah itu tanaman tentunya jangan lupa disiram air kecuali kalau hujan sedang turun.
Selain disemprotkan Atonik, jambu air disemprot insektisida pembasmi serangga, takaran 2 cc per liter air. Pada umur setahun, sejak ditanam, jambu air biasanya sudah dapat berbuah.
Penyemprotan menggunakan pupuk anorganik bisa juga diterapkan, salah satu jenis pupuk anorganik yang cukup bagus adalah pupuk “Farmpion”.

Lim Corporation menyediakan paranet lokal maupun import 65% , 75%, & 85% . Untuk info harga paranet terupdate silahkan klik DISINI

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Paranet dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s