5 Langkah Pengolahan Sampah yang Bisa Dilakukan di Rumah

banner-cara-pengelolaan-sampah-rumah-tanggaBerdasarkan hasil penelitian, setiap hari sebuah rumah tangga menghasilkan sampah sekitar 0.5 kg – 0.8 kg per orang. Jika di dalam sebuah rumah terdapat empat jiwa, berarti sekitar 2kg – 3.2kg sampah dihasilkan perhari/kk. Bayangkan sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga tersebut dalam 1 tahun, bisa mencapai angka 730kg – 1.168kg atau 7,3 kwintal – 1,2 ton. Sebuah angka yang cukup fantastis. Berapa tinggi tumpukan sampah yang dihasilan oleh satu keluarga tersebut?

Sebenarnya, jika masing-masing rumah tangga mampu memilah serta mengolah sampahnya masing-masing, takkan ada lagi demo warga yang tinggal di seputaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Pemerintahpun tak perlu bersusah payah menyediakan anggaran khusus untuk mengatasi masalah yang takkan pernah ada habisnya ini, seiring dengan sampah yang selalu dihasilkan setiap hari.

Ya! Seberapapun besar upaya pemerintah untuk mengatasi masalah sampah, dengan memperluas area TPA, memperbanyak armada truk pengangkut sampah, hingga menambah pasukan oranye yang bertugas mengangkut sampah serta membersihkan lingkungan, takkan ada artinya jika tak ada partisipasi akif dari masyarakat sendiri.
Untuk melakukan proses pengolahan sampah serta membudayakan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, kita dapat berkaca pada negara tetangga yang sudah sukses dengan program yang semula berasal dari masyarakat sendiri.

Kepedulian pada sampah dan kebersihan lingkungan yang sangat tinggi di Jepang serta Singapura tidaklah terbentuk begitu saja. Perlu upaya puluhan tahun untuk mengedukasi masyarakat hingga menjadi sebuah habit/kebiasaan. Bahkan tahun 2001 di Jepang terjadi kasus pencemaran laut yang menyebabkan 1700 orang meninggal dunia akibat terkena dampak racun merkuri yang berasal dari limbah pabrik yang tidak mengalami pengolahan terlebih dahulu, namun langsung dibuang ke laut.

Padahal sejak pertengahan tahun 70’an, telah timbul gerakan chonaikai di berbagai kota di Jepang, yaitu gerakan peduli terhadap lingkungan. Sekumpulan kecil masyarakat menggalang kesadaran warga tentang pentingnya memilah sampah serta mengolahnya melalui 3R, yaitu: Reduce (mengurangi pembuangan sampah), Reuse (menggunakan kembali), serta Recycle (daur ulang)

# Buat Anda yang membutuhkan kantong sampah plastik silahkan klik disini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kantong Sampah dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s