Cara Budidaya Tanaman Gambas Menggunakan Mulsa Plastik Hitam Perak

Kali ini kami berbagi tips dan pengetahuan tentang bagaimana cara budidaya tanaman gambas menggunakan mulsa plastic hitam perak. Mengapa memilih gambas sebagai komoditas sayuran produktif pertanian kita? Lalu, mengapa juga memilih teknik bercocok tanam menggunakan mulsa plastic hitam perak?

Gambas Semakin Diminati. Segar dan Kaya Manfaat
Banyak juga yang menyebut gambas dengan oyong. Dalam bahasa latin disebut dengan Luffa acutangula. Gambas muda rasanya lebih nikmat saat disayur. Rasanya tidak berserat, segar, manis, dan tentu saja termasuk jenis sayuran dengan nutrisi tinggi. karenanya cocok dikonsumsi untuk ibu menyusui.

Sayuran gambas sangat berpengaruh pada penurunan kadar gula. Jadi bagi Anda yang mempunyai saudara atau orang tua dengan kadar gula darah yang relative cenderung tinggi, maka pilihan bijak sebagai variasi menu harian adalah memasak sayur gambas. Selain itu, bagi Bunda yang sedang menyusui, gambas sangat bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI. Gambas sangat bermanfaat untuk penyembuhan radang usus, asma, diabetes, dan salah satu sayur yang bermanfaat untuk detox usus dan kebugaran.

presentation2

Gambas masuk dalam daftar tumbuhan obat asli Indonesia. Hal ini disampaikan oleh A Seno Sastroamidjojo dalam bukunya, Obat Asli Indonesia (1967). Fungsi gambas terlebih dahulu cenderung sebagai tanaman obat, seperti yang dilansir dari “Khasiat Tanaman Obat Latin-Indonesia” terbitan Merapi Farma Herbal. Plant Resources of Tropical Asia bahkan menyebutkan gambas atau oyong sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional di benua ASIA.

Karena kaya manfaat tersebut, saat ini permintaan sayuran gambas semakin naik seiring kesadaran manfaat gambas untuk ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui. Pada skala lokal, permintaan gambas cenderung naik dan sering saat ibu-ibu hendak membeli sayur gambas sudah habis terlebih dahulu. Bagi bunda yang membaca artikel ini, pastinya juga pernah mengalami kejadian demikian, bukan?
Nah, pada skala regional, ternyata sayur gambas juga semakin diburu.

Budidaya Gambas dengan Mulsa Plastik
1. Cukup Air
Persiapan lahan untuk budidaya gambas haruslah cukup air dengan kelembaban yang terus terjaga. Oleh sebab itu penggunaan mulsa plastic sangat disarankan untuk budidaya sayuran gambas.

2. Gunakan Bedengan
Persiapan dilakukan dengan membuat bedengan. Hal ini dimaksudkan agar air tidak menggenangi tanaman gamabas saat penyiraman, akan tetapi pada saat yang sama kelelmbaban tanah juga terjaga.

3. Penggunaan Pupuk
pupuk dasar budidaya gambas antara lain: pupk kandang atau bisa juga pupk kompos, TSP, KCL, dan ZA atau Urea. Perbandingannya adalah 2KSP : 1KCL : dan 1ZA. Pupuk ditaburkan merata di atas bedengan.

4. Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak
Bentangkan mulsa plastik sepanjang bedengan. Lalu beri pasak pada bagian ujung mulsa. Pasak untuk memperkokoh mulsa plastic dan kerapian mulsa plastic dapat ditata dengan jarak pasak 50 meter. Setelah selesai pemasangan mulsa, lakukan pelubangan. Jarak pelubangan sekitar 70 cm atau 80 cm. Jangan lupa, warna perak untuk bagian yang atas.

5. Pemasangan Tongkat Lanjaran
Tanaman gambas membutuhkan lanjaran untuk bergerak merambat naik. Tanaman gambas dapat merambat naik 3 atau 4 meter. Gunakan tinggi lanjaran secukupnya skitar 2,5 meter atau lebih, ditanamkan pada setiap lobang tanaman.

6. Pembenihan
Benih gambas dapat dengan mudah didapatkan di toko pertanian. Pilih dari jenis varietes unggul. Jika budidaya dalam skala besar, sebaiknya benih menggunakan jenis hibrida (F1) yang sudah teruji kuelaqitasnya. Benioh F1 ini dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan benih pada umumnya yang dimiliki oleh para petani.

Budidaya Tanaman Gambas Menggunakan Mulsa Plastik Hitam Perak merupakan alternative yang dapat dipilih dalam rangka memenuhi permintaan local yang terus meningkat. Kedepan, tanaman gambas tidak semata menjadi prospek konsumsi sayuran, akan tetapi juga obat-obatan. Sebab penelitian sayur gambas dalam rangka pembuatan herbal tradisonal obat asli Indonesia kini tengah dilakukan oleh beberapa kalangan pemerhati produk Indonesia. semoga bermanfaat.

# Baca juga Cara Meningkatkan Kualitas Hasil Panen Dengan Greenhouse.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Plastik Mulsa dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s