Budidaya Buah Alpukat Dengan Teknik Sederhana, Tapi Hasilnya Bisa Bikin Untung!

Alpukat adalah tumbuhan yang berasal dari negara Meksiko & Amerika Tengah serta sekarang banyak yang membudidayakannya di Amerika Selatan serta Amerika Tengah untuk tanaman perkebunan monokultur serta untuk tanaman pekarangan/halaman di daerah tropika lain di berbagai belahan dunia.

  • Membuat Lubang Tanam

Bikin lubang tanam pohon alpukat menggunakan ukuran 60cm x 60cm serta kedalaman sekitar 60-80cm. Kalau Anda menanam bibit hasil dari cangkok jadi bikin lubang tanam yang cukup lebar, kalau bibit dari biji jadi bikin lubang yang cukup dalam. Kalau penananman dikerjakan dalam jumlah yang banyak, bikinlah lubang tanam yang selaras menggunakan jarak 6m x 6m antar tiap lubang supaya memberikan area tumbuh untuk pohon alpukat. Isikan lubang dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian telah terisi, serta biarkan lubang tanam sekitar 3-4 minggu sebelum akan ditanam supaya pupuk kandang dapat meresap ke dalam tanah.

  • Menanam Bibit Alpukat

Sesudah bibit ready tanam, tahap berikutnya ialah memindahkan bibit ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan. Buka plastik polybag secara perlahan, pastikan jangan terdapat Tanah di dalam polybag penyemaian hancur. Letakkan bibit ke dalam lubang tanam, serta tutup memakai Tanah sisa yang terdapat di sekeliling lubang tanam. Terapkan langkah penyiraman sesudah seluruh bibit tertanam di lubang-lubang yang disiapkan.

# Baca juga Cara Tepat Budidaya Tanaman Mint

  • Merawat Tanaman Alpukat

Tahap perawatan yang dibutuhkan ketika menanam alpukat ialah penyulaman, penyiangan, pemupukan, serta pemangkasan. Langkah pembersihan rumput dan gulma-gulma disekeliling tanaman alpokat harus dikerjakan terutama ketika pohon alpukat baru awal ditanam ataupun masih kecil, kalau telah besar jadi rumput liar bakal sedikit yang berkembang sebab tertutupi oleh pohon alpokat yang rimbun.

  • Memanen Alpukat

Pemanenan buah alpukat umunya bakal dapat dilakukan jika mulai berbuah ketika umur 10-15 tahun kalau ditanam lewat biji, kalau ditanam secara sistem vegetatif umumnya bakal berbuah ketika berusia 5-8 tahun tergantung perawatan/perindungan yang terapkan. Guna memanen alpukat bisa dikerjakan dengan memangkas tangkai buahnya memakai pisau ataupun gunting.

 

Pos ini dipublikasikan di Plastik UV dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar