Green House, Hulu Kemandirian Pangan Perkotaan yang Tidak Bisa Diremehkan

Banyak yang berbicara tentang pertanian urban. Masalahnya banyak dari kita kurang memahami seperti apa detailnya. Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan pertanian lain pada umumnya? Saat ini, telah berkembang puluhan plastic uv untuk rumah kaca. Ini sangat membantu dengan jual plastik uv greenhouse di Jakarta maupun jual plastik uv greenhouse di Surabaya.

Penelitian yang dilakukan oleh Drechsel membuka mata kita, bahwa ternyata pertanian urban jauh lebih luas dari apa yang kita pikirkan. Pertanian urban juga telah berkembang menjadi bagian penting pilar ketahanan pangan suatu wilayah. Drechsel memberikan gambaran dari data satelit, bahwa ternyata luas lahan padi di pedesaan di Asia Selatan ternyata lebih kecil dibandingkan di sekitar wilayah urban. Begitu juga lahan jagung di sub-Sahara Afrika tidak seluas lahan di wilayah perkotaannya.

Tim ilmuwan internasional, sebagaimana dilansir oleh BBC-Indonesia, dengan menggunakan data satelit, secara global, lahan pertanian di wilayah perkotaan mencapai luas yang setara dengan luas wilayah 28 negara Uni Eropa! Maka jika diperhatikan, perkembangan teknologi pertanian green house adalah bagian solusi ketahanan pangan wilayah, agar ketergantungan impor bisa dikendalikan.

Saatnya membangun Greenhouse
Bersiaplah pekarangan kecil belakang rumah Anda menjadi bagian yang menarik dari perkembangan tren green house perkotaan. Atau bagi Anda yang memiliki lahan lebih di area perkantoran Anda, alangkah lebih bijaknya Anda memberikan nilai tambah plus dengan membangun green house.

6

Potensi ini tidak hanya sebagai sarana menyambut kemandirian pangan sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah, akan tetapi juga bisa bermakna ganda. Manfaat ekonomi mungkin menjadi solusi penting bagi masyarakat ekonomi lemah. Selain itu, green house juga bagian penting sarana rekreatif yang dapat memanjakan Anda dan orang-orang sekitar Anda.

Mudah, Murah, Indah
Tidak ada yang mahal dan sulit dalam mengembangkan pertanian green house. Untuk proses pembangunan green housenya pun tergolong murah dan mudah. Secara ringkas ada tiga bagian utama, yakni bahan penyangga green house (bisa kayu, bambu, atau besi), kemudian bahan penutup (bisa plastik ultra violet, kaca) dan media tanam dalam (bisa menggunakan pot atau polybag). Dari sekian bahan tersebut tentu kita sudah dapat memilah menggunakan yang mudah murah.

Saran penggunaan plastic ultraviolet tidak hanya membuat biaya pembuatan green house menjadi jauh lebih murah, akan tetapi penutup plastik ultra violet juga membantu melakukan filter atas cahaya uv yang tidak dibutuhkan tanaman. Dengan demikian proses pemeliharaan dan perkembangan tanaman dapat berkembang lebih sempurna.

Apa Itu Plastik Ultra Violet?
Sinar ultraviolet pada dasarnya sangat dibutuhkan tanaman untuk proses fotosintesis. Akan tetapi lubang pada lapisan ozone telah menyertakan sinar uv B yang tidak baik untuk tanaman. Tanaman menjadi mudah terkena penyakit dan berakibat pada perkembangan tanaman yang tidak sempurna. Oleh karena itu kehadiran plastic uv green house pada dasarnya tidak hanya solusi pertanian urban, akan tetapi juga sangat ideal digunakan oleh petani pedesaan.

Apalagi saat ini telah banya yang jual plastik uv greenhouse di Jakarta maupun jual plastik uv greenhouse di Surabaya. Kedua kota metropolitan di wilayah Indonesia ini memang sedang giat membangun green house. Di Surabaya sendiri telah dicanangkan kelompok tani perkotaan pesisir dan mendapatkan apresiasi dari pemerintah kota Surabaya sejak tahun 2009. Sementara di Jakarta, sejak 2014 telah berlangsung berbagai upaya memanfaatkan green house untuk menanam sayuran konsumsi harian.

Potensi ini setidaknya dapat Anda tangkap sebagai peluang segnifikan di wilayah perkotaan. Jika istri Anda saat ini (hanya) menjadi ibu rumah tangga dengan lebih banyak meluangkan waktu di rumah, maka sudah saatnya Anda mulai melatih kemandirian istri. Bagaimana caranya? Buat green house saja di sekitar rumah!

Yuk baca juga artikel berikut! Keasrian Kampung Banjarsari Berkebun Polybag Dipilih UNESCO Sebagai Proyek Percontohan Dunia

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Plastik UV dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s