Kesalahan-Kesalahan Yang Harus Dihindari Didalam Greenhouse

Rumah tanaman atau greenhouse kini sudah banyak digunakan oleh para petani Indonesia. Penggunaan greenhouse dalam budidaya tanaman memang dirasa cukup efektif dan menguntungkan bagi para petani kita. Karena greenhouse memiliki beberapa keunggulan seperti tanaman dapat berproduksi secara kontinyu dan berkesinambungan sepanjang tahun, penggunaan air, pupuk maupun pestisida yang lebih efesien, bahkan terkadang tanaman didalam greenhouse tidak perlu menggunakan pestisida karena terhindar dari hama tanaman.

Bangunan greenhouse yang terhindar atau tidak terpengaruh dengan lingkungan luar juga memberikan keuntungan karena dapat meminimalkan resiko tanaman rusak bahkan mati karena serangan penyakit.  Keuntungan-keuntungan inilah yang membuat petani kita lebih memilih bercocok tanam didalam greenhouse bila dibandingkan dengan bercocok tanam di lahan terbuka. Namun sebuah sistem yang baik tentu memiliki celah. Begitupun dengan greenhouse, ada beberapa hal yang apabila anda lakukan akan membawa kerugiaan maupun kerusakan pada tanaman dan bangunan greenhouse.

# Yuk! baca juga artikel berikut 12 Jenis Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias Serta Cara Pengendaliannya

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan agar anda terhindar dari kesalahan ketika membudidayakan tanaman didalam greenhouse :
1. Penentuan tempat untuk bangunan greenhouse. Menentuhkan tempat atau lokasi untuk membangun greenhouse memang penting karena penentuan lokasi akan mempengaruhi kondisi greenhouse itu sendiri baik dari segi kekuatan bangunan maupun kondisi kesehatan tanaman yang sedang dibudidayakan didalam greenhouse. Ada beberapa kreteria yang harus anda pertimbangkan ketika akan memilih lokasi untuk membangun greenhouse seperti intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi pada saat musim hujan, suhu yang cukup stabil dalam hal ini berarti suhu tidak terlalu panas maupun dingin, dekat dengan sumber air yang baik dan cukup sehat, dekat dengan instalasi listrik, lahan atau lokasi harus datar tidak terlalu miring, tanah yang digunakan merupakan tanah yang kokoh dan tidak mudah longsor. Anda tidak boleh melakukan kesalahan dalam pemilihan lokasi untuk membangun greenhouse. Karena lokasi merupakan hal pertama yang akan menentukan keberlanjutan greenhouse anda.

2. Penentuan konstruksi bangunan greenhouse. Setelah melakukan pemilihan lokasi untuk membangun greenhouse sebaiknya anda mulai memilih material apa yang akan anda gunakan untuk membangun greenhouse. Seperti material untuk kerangka bangunan greenhouse, anda dapat memilih bambu, kayu, alumunium, besi maupun pipa PVC sebagai bahan dasar kerangka greenhouse. Untuk atap anda dapat memilih material kaca maupun plastik UV yang memiliki UV stabilizer sedangkan untuk material dinding anda dapat menggunakan kaca, plastik UV maupun paranet atau screen. Pemilihan mataerial untuk membangun greenhouse dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda.

3. Fasilitas penunjang didalam greenhouse. Ada beberapa fasilitas penunjang yang dapat anda sediakan didalam greenhouse. Meskipun fasilitas penunjang anda tetap harus memperhatikannya. Fasilitas penunjang tersebut seperti kipas angin untuk mendinginkan ruangan greenhouse serta menurunkan suhu didalam greenhouse, pompa air untuk mengalirkan air ke tanaman-tanaman, penyediaan sepatu khusus untuk didalam greenhouse serta penutup kepal dan jas lab. Fasilitas ini memang tidak wajib ada didalam greenhouse, namun apabila anda merasa membutuhkan fasilitas tersebut maka sebainya sediakan dan rawat dengan baik fasilitas-fasilitas penunjang greenhouse tersebut.

4. Ventilasi. Keberadaan ventilasi memang sangat vital didalam greenhouse. Ventilasi berguna untuk memberikan pertukaran atau sirkulasi udara dari dalam dan luar greenhouse. Pada umumnya greenhouse yang ada di Indonesia menggunakan ventilasi pada bagian atap greenhouse dan bagian dinding greenhouse. Bahkan seringkali dinding greenhouse dibuat dengan material paranet agar sirkulasi udara yang tersedia didalam greenhouse lebih banyak.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi didalam greenhouse. Jika anda memperhatikan hal-hal tersebut dengan baik maka anda akan terhindar dari kerusakan greenhouse maupun tanaman yang dibudidayakan didalamnya. Mencegah memang lebih baik dari pada memperbaikinya. Maka persiapkan bangunan greenhouse anda dengan baik agar anda terhindar dari kerugian. Selamat berbudidaya tanaman dengan greenhouse.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Plastik UV dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s